Search Engine Optimization bukan hanya optimasi website kamu agar muncul di halaman pencarian search engine saja, tapi search engine optimization bisa digunakan bermacam hal seperti optimasi halaman toko online, optimasi gambar, video, dan aplikasi kamu di toko aplikasi. simak selanjutnya apa yang bisa SEO tingkatkan selain optimasi website
Pengertian SEO
Dirangkum dari MOZ, Search Engine Optimization atau SEO adalah praktek meningkatkan traffic baik secara kualitas dan kuantitas dari sebuah website, serta meningkatkan brand exposure dari brand kamu melalui mesin pencari yang tidak berbayar (bisa juga disebut organik).
Walaupun SEO itu berfokus ke search engine, kamu harus memahami apa yang audiens cari di search engine mulai dari:
Apa yang mereka tanyakan
Jawaban apa yang mereka butuhkan
Jenis konten apa yang mereka terima
Jika sudah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh audiens, kamu sudah memahami bagian sisi dari sebuah koin SEO. Di sisi lain, kamu harus memahami bagaimana search engine bekerja untuk menampilkan konten kamu di halaman pencarian search engine, berikut cara kerja search engine untuk menampilkan konten kamu di halaman pencariannya:
Search engine membaca website kamu dengan bot yang menjelajahi website kamu dan menyimpan dalam indeksnya.
Dari hasil penelusuran, search engine menggunakan algoritma untuk menentukan peringkat di halaman pencarian berdasarkan relevansi, otoritas web, dan kualitas konten.
Search engine menerima permintaan dari audiens atas kata kunci atau pertanyaan ke search engine
Dari permintaan audiens, search engine memberikan hasil yang paling relevan dengan kata kunci yang dibuat audiens dalam halaman pencarian search engine (SERP).
Dengan memahami dua bagian sisi koin SEO, kamu bisa menjalankan Search engine optimization secara optimal dan audiens akan puas dengan konten kamu yang mereka temukan di halaman pencarian search engine.
Jenis SEO Selain Optimasi Website
Selain optimasi website, kamu juga bisa menggunakan metode search engine optimization ke tempat lain, seperti:
E commerce SEO
Tujuan dari E commerce SEO adalah mengoptimasi halaman produk dan kategori untuk meningkatkan kemungkinan audiens melihat produk kamu di hasil pencarian e-commerce. Ini termasuk menggunakan kata kunci yang relevan, optimasi deskripsi produk, dan menggunakan review konsumen sebagai penarik konsumen membeli produk kamu.
Mengoptimasi halaman produk di situs e commerce bisa dimulai dari riset kata kunci yang mendalam, optimasi gambar produk agar calon konsumen melihatnya dengan jelas, serta membuat deskripsi produk secara jelas dan dapat menarik pembelian.
Localization SEO
Menargetkan strategi SEO ke suatu daerah merupakan salah satu tujuan dari localization SEO, selain itu bisnis kamu dapat dicari dengan kata kunci yang menargetkan daerah tertentu seperti “restoran minang di bandung”, mendaftarkan bisnis kamu di direktori lokal seperti yellow page membuat bisnis kamu terlihat oleh calon konsumen yang membutuhkan produk atau layanan bisnis kamu.
Mulai kenali target audiens di lokasi yang kamu tuju, lalu lakukan optimasi konten yang mencakup lokasi, review, serta gunakan schema markup untuk memberi informasi seperti nama bisnis, nomor telepon, dan domisili bisnis kamu.
Image SEO
Dengan memaksimalkan halaman pencarian gambar di search engine, image SEO membuat bisnis kamu muncul di halaman teratas pencarian gambar di search engine. Menggunakan alt text yang deskriptif, meningkatkan kualitas gambar, dan mengecilkan ukuran data gambar, dapat membantu bisnis kamu dikenal oleh target audience yang mencari atau membutuhkan produk dan layanan yang ditawarkan.
Gunakan alt text sebagai stimulus search engine membaca gambar kamu, kurangi ukuran data gambar untuk mempercepat waktu memuat gambar, dan menggunakan gambar yang relevan dengan konten yang akan kamu bagikan ke target audiens.
Video SEO
Agar video kamu muncul di halaman pencarian platform video seperti Youtube dan search engine seperti Google, kamu bisa menggunakan kata kunci yang relevan dengan konteks video yang kamu buat. Kamu bisa pasang kata kunci di judul, deskripsi, dan tag video, serta buatlah thumbnail yang menarik audiens kamu.
Mulai dengan riset kata kunci untuk menentukan topik video, lalu buat video yang menarik dan mampu menyelesaikan masalah dari penonton, pantau data statistik video untuk pengembangan video selanjutnya, dan promosikan ke media sosial.
App Store Optimization
Optimasi laman aplikasi di toko aplikasi harus dilakukan ketika kamu ingin aplikasi kamu digunakan oleh banyak orang. Menggunakan kata kunci yang relevan dengan aplikasi kamu, memantau review pengguna, menjelaskan deskripsi produk sejelas mungkin dan menarik, dan desain ikon aplikasi yang menarik.
Mulai dari riset kata kunci relevan dengan aplikasi, amati aplikasi kompetitor kamu, perbaiki deskripsi aplikasi dan konten di toko aplikasi, serta gunakan channel marketing lain untuk memasarkan aplikasi kamu agar dikenal oleh banyak orang.
Mobile SEO
Kini, pengguna smartphone sudah berada disekitar 3,96 miliar pengguna dan akan berkembang menjadi 4,76 miliar pengguna di tahun 2025 (Statista). Dengan rata rata penggunaan smartphone di seluruh dunia sebesar 3 jam dan 54 menit (eMarketer), dengan membuat website yang ramah bagi pengguna smartphone, maka bisnis kamu akan lebih cepat terjangkau oleh target audiens kamu.
Mengoptimasi website kamu menjadi ramah smartphone menjadi sebuah solusi untuk kamu yang mengincar audiens yang besar. Ini mencakup meningkatkan kecepatan situs, desain yang responsif, dan pengoptimalan konten agar sesuai dengan layar yang lebih kecil.
Mulai dari membuat desain website yang responsif dan dapat menyesuaikan berbagai ukuran layar, buat waktu membuat website kamu lebih ringan, optimasi gambar dalam website agar ramah untuk pengguna smartphone, dan gunakan schema markup untuk memudahkan search engine memahami konten yang ditampilkan ramah untuk pengguna smartphone. Mobile SEO juga melibatkan pengoptimalan lokasi untuk pencarian berbasi lokasi.
Setiap platform memiliki pendekatannya berbeda dan sesuai tujuannya, namun tujuan umumnya adalah membuat apa yang kamu pasarkan terlihat oleh target audiens kamu, dengan optimasi sesuai kata kunci yang kamu riset sebelumnya, apa yang kamu pasarkan akan dikenal oleh target audiens kamu.
•••
Search Engine Optimization bukan hanya tentang peringkat website di search engine, tetapi meningkatkan exposure dari bisnis kamu, optimasi konten gambar, video, dan aplikasi, serta membuat website bisnis kamu ramah pengguna smartphone. Dengan memahami cara kerja SEO dan berbagai jenisnya, kamu dapat memaksimalkan potensi bisnis, meningkatkan kualitas traffic, dan bisnis kamu terlihat kredibel oleh target audiens kamu.
Dengan strategi yang tepat, SEO bisa menjadi alat yang kuat dalam memperluas bisnis kamu. Jika kamu merasa optimasi kamu belum maksimal atau masih berkendala, segera konsultasikan masalah kamu bersama GoesDigital. Dengan optimasi berbasis data, fokus terhadap pertumbuhan bisnis kamu, dan pendekatan customer centric, GoesDigital siap buat bisnis kamu bekembang pesat.