Kamu lagi bangun website untuk bisnis kamu? Agar website kamu mudah dicari orang di search engine, kamu bisa pakai SEO . Simak selanjutnya cara membuat website bisnis kamu dikenal banyak orang.
Pengertian SEO
SEO singkatan dari Search Engine Optimization dirangkum dari NeilPatel adalah cara untuk membantu website atau konten website kamu muncul di search engine seperti Google.
Bayangkan, sebuah search engine adalah perpustakaan besar dan website kamu adalah sebuah buku di perpustakaan. SEO dapat membantu buku itu menonjol dibanding buku yang lain saat ada pengunjung mencari informasi yang mirip dengan topik buku yang kamu buat, jadinya pengunjung itu lebih mudah mencari buku yang kamu buat.
Search Engine Optimization tidak memerlukan biaya untuk membuat website kamu muncul di search engine. Jadi kamu cukup optimasi website bisnis kamu dengan metode SEO agar website kamu bisa muncul di search engine.
Jenis SEO
Search Engine Optimization terbagi menjadi empat jenis yang saling berhubungan, mulai dari optimasi struktur web, optimasi isi konten website, bagaimana cara memasarkan konten yang kamu buat di luar website kamu, dan cara memasarkan konten kamu di daerah sekitar kamu beroperasi. Kita mulai dari optimasi isi konten di dalam website:
On Page Optimization
Jenis SEO ini berfokus pada optimasi setiap halaman yang kamu miliki agar setiap halaman dapat muncul di search engine.
Fokus optimasinya ada di beberapa hal seperti:
Optimasi konten
Konten harus informatif, relevan, dan berkualitas. Selain search engine menilai kredibel, pembaca juga merasa terbantu dengan konten yang dibuat. Struktur konten juga harus jelas, seperti penggunaan paragraf, daftar isi, subjudul (heading) untuk memudahkan search engine dan pembaca memahami
Optimasi Keyword
Lakukan riset kata kunci yang relevan dengan isi halaman web. Cari kata kunci yang sesuai dengan halaman web dan selaraskan dengan kata kunci yang pembaca cari juga. Jangan menggunakan kata kunci secara berlebihan, selain membuat pembaca kurang nyaman, search engine akan menilai halaman web kamu spam.
Optimasi Meta Tag
Meta Tag terdiri dari judul dan deskripsi yang akan muncul di hasil pencarian search engine. Pastikan judul dan deskripsi awal setiap halaman web dapat menarik pembaca dan relevan di mata search engine. Masukan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan relevansi dari halaman web.
Optimasi Sub Judul dari Halaman Web
Sub judul atau heading merupakan elemen HTML (H1,H2,H3 dst) yang digunakan untuk menandai judul dan sub judul di setiap halaman web. Buat secara hierarki agar isi website kamu lebih terorganisir, pastikan setiap heading ada kata kunci yang sudah kamu riset sebelumnya. H1 biasanya untuk judul utama, H2 untuk sub judul, dan seterusnya.
Optimasi Gambar.
Saat kamu upload gambar di halaman web, pastikan kamu membuat alt text sebagai cara search engine membaca gambar kamu. Buat alt text sejelas mungkin, karena ini membantu SEO gambar.
Melakukan on page optimization memastikan isi halaman kamu relevan dan sesuai dengan standar E - E - A - T search engine Google
Off Page Optimization
Off Page Optimization fokus ke bagaimana cara website kamu muncul di halaman teratas di halaman pencarian search engine diluar optimasi website.
Ada beberapa cara untuk meningkatkan website kamu agar muncul di halaman teratas search engine:
Backlink / Link Building
Backlink muncul ketika konten di web kita dianggap kredibel oleh pemilik web lain dan dijadikan referensi oleh web lain dan mereka mencantumkan link web kita sebagai sumber referensi. Semakin bagus web yang menyadur konten kita, maka search engine dapat meningkatkan otoritas web kita.
Social Media Marketing
Dengan memasarkan isi konten lewat social media, audiens akan melihat konten melalui link yang sudah ditautkan. Sharing konten yang banyak disukai oleh audience dapat menciptakan sinyal positif yang dihargai oleh search engine.
Guest Posting
Guest Posting adalah praktik menulis dan menerbitkan konten di situs web atau blog lain di industri atau topik yang relevan. Pastikan konten yang ditulis berkualitas tinggi, memberikan nilai tambah ke pembaca, dan mencantumkan link website bisnis.
Influencer Marketing
Dengan influencer yang tepat, produk dapat dipromosi ke arah yang tepat. Setelah produk mulai dikenal banyak orang, maka orang tersebut mulai mencari produk di search engine dan kunjungan website meningkat secara signifikan.
Off Page Optimization dapat membantu search engine menilai kredibilitas dari website kita. Hal tersebut dapat membantu search engine menganggap website sangat kredibel.
Technical SEO
Technical SEO berfokus ke optimasi bagian teknikal dari website, tujuannya untuk meningkatkan kinerja website agar dinilai kredibel di mata search engine.
Beberapa aspek perlu diperhatikan untuk meningkatkan performa website kamu agar dinilai kredibel oleh search engine, seperti:
Site Speed
Kecepatan situs adalah faktor penting dalam SEO. Pembaca cenderung meninggalkan website ketika websitenya lambat, hal ini berpengaruh terhadap posisi di search engine.
Mobile - Friendliness
Situs web yang ramah dengan smartphone menjadi faktor penting bagi google membaca website. Pastikan website dapat terlihat dengan baik oleh smartphone. Search engine cenderung memberikan peringkat tinggi ke website yang ramag smartphone.
Broken Links
Halaman web yang rusak seperti kode 404 harus segera ditangani dengan segera. Karena merusak user experience dan mempengaruhi peringkat di search engine. Selalu cek berkala, dan usahakan tidak ada halaman yang rusak dengan kode 404.
XML Sitemap
Sitemap atau peta situs adalah file yang berisi daftar semua halaman di website. Dengan membuat sitemap, search engine akan terbantu saat membaca website.
Keamanan Situs (HTTPS)
Pastikan website menggunakan protokol HTTPS dan memiliki sertifikat SSL yang aktif. Ini akan membantu meningkatkan peringkat di search engine.
Canonical Tags
Untuk menghindari masalah duplikat konten, perlu untuk menggunakan canonical tag agar membantu search engine tidak kebingungan saat membaca halaman web.
Optimasi aspek teknikal website penting karena bertujuan agar search engine dapat membaca dan memasukan ke dalam halaman pencarian search engine lebih tinggi dibanding website lain.
Localization SEO
Localization SEO ini digunakan oleh bisnis yang mengincar audiens lokal di suatu daerah.
Untuk mendapatkan audiens di lokasi tertentu, bisa dengan cara:
Google My Business Optimization
Daftarkan bisnis ke Google My Business karena GMB merupakan alat paling penting saat menerapkan Localization SEO, karena akan membantu pembaca untuk mencari produk dari bisnis dan mereka akan mendapatkan lokasi dan jam operasional dari bisnis.
Local Keyword Research
Local Keyword bertujuan memahami kata kunci yang paling relevan dan sering dicari oleh audiens lokal. Dari keyword lokal itu bisa disematkan ke meta tag halaman web untuk meningkatkan posisi di search engine.
Citation Building
Mirip dengan off page optimization, cuma fokusnya ke lingkup yang lebih kecil. Mulai dari daftar di direktori lokal seperti yellow pages dan yelp. Pastikan nama, alamat, & nomor telepon bisnis terdaftar dengan jelas dan mudah dihubungi.
Online Reviews dan Rating
Review dan rating memiliki dampak besar terhadap kredibilitas bisnis di mata audiens dan search engine. Segera kumpulkan review dan rating, selain meningkatkan kredibilitas bisnis, bisa juga untuk optimasi produk agar lebih disukai oleh konsumen.
Localization SEO berjalan secara terus menerus, dengan mengoptimasi secara konsisten, selain search engine menilai website kamu kredibel, audiens yang kamu target juga akan percaya dengan bisnis kamu.
Benefit dari SEO
Penerapan Search Engine Optimization sangat penting bagi digital marketing dan harus dipahami bagi bisnis kamu yang ingin membangun website. Berikut adalah benefit dari penerapan SEO:
Meningkatnya Online Visibility
Manfaat paling mendasar dari SEO adalah audiens mulai melihat bisnis kamu memiliki website. Dengan muncul di halaman pertama search engine, kamu punya peluang lebih besar untuk ditemukan oleh calon konsumen.
Traffic Website yang Lebih Tinggi
Dengan hadirnya website kamu, Audiens kamu akan melihat isi konten di website kamu dan otomatis traffic website kamu meningkat.
Peningkatan Kualitas Traffic
SEO membantu menargetkan kata kunci yang paling relevan untuk bisnis kamu. Berarti audiens yang membuka website bisnis kamu melalui hasil pencarian cenderung lebih tertarik pada apa yang kamu tawarkan.
Meningkatkan Kepercayaan
Hadirnya website membuat bisnis kamu lebih terlihat kredibel di industri kamu. 72% audiens lebih mungkin mempercayai bisnis yang memiliki website, riset dari HubSpot.
Biaya yang Efisien
Dibanding beriklan dengan iklan pay per click, SEO memberikan hasil yang lebih tahan lama dan biaya yang jauh lebih murah dalam tempo yang panjang.
Meningkatnya ROI
Dengan menerapkan SEO, bisnis kamu akan mendapatkan Return on Investment sebesar 250% berarti setiap Rp.1,000 yang keluar makan SEO akan menghasilkan keuntungan sebesar Rp. 2,500
•••
Penutup
Di artikel ini, kamu memahami apa itu Search Engine Optimization, jenisnya apa saja dan apa benefit dari SEO itu sendiri.