Our Services
Solutions
Insight Corner
Indonesia
Our Services
Solutions
Insight Corner
Indonesia

Back to Insight Corner

Back to Insight Corner

Back to Insight Corner

18 Sep 2023

18 Sep 2023

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Secara Online Dengan SEO

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Secara Online Dengan SEO

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Secara Online Dengan SEO

Search Engine Optimization dapat meningkatkan penjualan dan exposure bisnis kamu.
Search Engine Optimization dapat meningkatkan penjualan dan exposure bisnis kamu.
Search Engine Optimization dapat meningkatkan penjualan dan exposure bisnis kamu.
Search Engine Optimization dapat meningkatkan penjualan dan exposure bisnis kamu.

Saat ini, peningkatan penjualan menjadi prioritas utama bagi setiap bisnis yang berjalan. Tingginya persaingan di pasar membuat kamu sebagai bisnis memaksimalkan potensi yang ada agar produk atau layanan yang kamu tawarkan dapat terlihat oleh calon konsumen kamu, dan mereka segera membelinya. Untuk memaksimalkan exposure produk atau layanan, kamu bisa menggunakan search engine optimization agar produk atau layanan kamu terlihat oleh audiens yang membutuhkan. 

Berikut cara SEO dapat membantu bisnis kamu agar produk dan layanan yang ditawarkan dapat dibeli oleh audiens kamu.

Pengertian SEO

Dirangkum dari SEMrush, search engine optimization adalah cara mengoptimasi konten, struktur, dan semua yang berhubungan kehadiran online sebuah website untuk menaikkan visibilitas dan peringkat di hasil pencarian search engine.

Cara SEO meningkatkan Penjualan

Menurut Smart Insights, SEO mampu meningkatkan rata-rata penjualan sekitar 15% sampai 20%. 

Secara garis besar, cara kerja SEO adalah mengubah audiens yang mulai tertarik dengan bisnis kamu dengan mencari kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, lalu mereka menemukan toko online di e commerce atau website kamu, dan mereka melakukan pembelian di e commerce atau website kamu. Untuk mengubah audiens kamu menjadi konsumen, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Dimulai dari:

  1. Pahami target audiens

Kamu harus mengenali target pasar kamu terlebih dahulu, mulai dari target penjualan kamu dimana, calon konsumen ideal kamu seperti apa, bahasa yang mereka gunakan, dan budaya mereka bagaimana.

Pastikan strategi yang kamu buat dapat menyesuaikan dari data yang kamu dapatkan dari riset target pasar

  1. Riset Kata Kunci

Dari data yang kamu dapatkan saat riset pasar, lakukan riset kata kunci yang fokus ke apa yang audiens target kamu cari dan relevan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Kenali kata kunci lokal yang sering digunakan oleh audiens kamu saat mereka mencari produk atau layanan di wilayah yang kamu targetkan.

  1. Localization SEO

Lakukan optimasi di toko online di e commerce dan website kamu dengan memasukan kata kunci yang kamu dapat sebelumnya. Masukan kata kunci tersebut di judul, meta tag, dan seluruh konten.

Buat halaman website khusus untuk menjelaskan lokasi bisnis kamu dan daftarkan bisnis kamu di Google My Business secara akurat dan lengkap. Ini akan membantu search engine seperti Google mengenali bisnis yang kamu jalankan.

  1. Image SEO

Setiap gambar yang kamu upload, pastikan kamu memberi alternative text secara deskriptif dan memasukan kata kunci relevan sesuai konten yang kamu buat di website. Jangan lupa file nya diberi nama yang relevan, agar search engine mudah untuk membaca halaman yang kamu buat.

Pastikan gambar yang kamu upload dalam format tertentu seperti webp, agar memperingan waktu loading website.

Gunakan gambar yang berkualitas tinggi agar audiens kamu melihat dengan jelas apa yang kamu tawarkan.

  1. E-commerce SEO

Optimalkan halaman toko online kamu di e commerce dengan kata kunci yang kamu temukan sebelumnya di judul dan deskripsi produk.

Tunjukkan review dan rate produk atau layanan kamu dari konsumen kamu, agar calon konsumen kamu yakin dengan apa yang kamu tawarkan.

Pastikan audiens kamu nyaman saat mereka mengakses toko online kamu di e commerce. Ini dapat membantu audiens kamu bertransaksi lebih nyaman dan penjualan kamu meningkat.

  1. Technical SEO

Pastikan website kamu ramah pengguna smartphone, karena banyak pengguna smartphone mengakses website kamu melalui smartphone.

Pastikan waktu loading website kamu cukup cepat, karena semakin lama waktu loading website kamu, maka kamu berpotensi kehilangan konsumen.

Gunakan fitur keamanan di website kamu seperti sertifikat SSL untuk memastikan audiens kamu aman saat mencari informasi produk atau layanan kamu sampai bertransaksi di website kamu.

  1. Buat Konten yang Menarik

Bangun blog di website kamu yang berisikan artikel informatif yang berhubungan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Bagikan konten website kamu ke media sosial untuk mengajak audiens kamu untuk membaca di blog kamu.

  1. Link Building

Bangun link dari website eksternal yang kredibel untuk meningkatkan kredibilitas dari website kamu. Bangun link ini membuat website kamu dinilai kredibel oleh search engine.

Kolaborasi dengan influencer lokal atau bisnis lain untuk memberi tahu audiens kalau bisnis kamu dapat menyelesaikan masalah dari audiens target kamu.

  1. Pantau dan Analisis Kinerja

Lacak performa website kamu dengan alat seperti Google Analytics dan Google Search Console. 

Pantau kata kunci yang audiens kamu cari, jumlah kunjungan website, dan jumlah konversi audiens ke konsumen kamu.

  1. Local Advertising

Pertimbangkan untuk menggunakan platform iklan seperti Google Ads atau Social Media Ads untuk memperluas jangkauan bisnis kamu untuk mendapatkan calon konsumen baru dari lokasi yang kamu tentukan.

  1. Review dan Testimoni dari Konsumen

Dorong konsumen kamu untuk memberikan review dan penilaian positif terkait produk atau layanan yang kamu tawarkan. Ini dapat membuat audiens kamu semakin percaya untuk menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Dengan menerapkan langkah diatas, maka penjualan kamu akan meningkat dan pasar kamu meluas sambil memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik untuk konsumen kamu.

•••


Benefit dari penerapan SEO dalam bisnis tidak hanya sebatas meningkatkan peringkat di search engine. Berikut adalah 7 manfaat yang akan kamu dapatkan setelah menerapkan strategi SEO ke dalam bisnis kamu:

  1. Peningkatan Peringkat 

Dengan SEO yang baik, website kamu akan muncul lebih tinggi di hasil pencarian. Ini berarti lebih banyak orang akan melihat dan mengklik website kamu.

  1. Traffic Berkualitas

SEO membantu kamu menargetkan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu. Audiens yang mencari kata kunci tersebut adalah mereka yang berpotensi tertarik dengan produk atau layanan kamu. Ini berarti traffic yang lebih berkualitas dan lebih besar ke website kamu.

  1. Kepuasan Konsumen

Dengan menyajikan konten yang relevan dan informatif, kamu dapat membuat konsumen kamu puas dan percaya dengan bisnis kamu. Konsumen yang puas  cenderung berbelanja dengan bisnis kamu kembali.

  1. Meningkatnya Konversi

Dengan traffic yang relevan dan konten yang berkualitas, peluang konversi meningkat. Audiens yang awalnya mencari informasi atau produk yang kamu tawarkan dapat berubah menjadi konsumen yang setia.

  1. Optimalisasi ROI

SEO merupakan investasi yang memiliki potensi yang besar. Dengan meningkatnya penjualan produk atau layanan yang kamu tawarkan, Return on Investment dari SEO akan meningkat sepanjang waktu.

  1. Unggul dibanding Kompetitor

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, SEO membantu kamu untuk bersaing dan tetap relevan. Jika kompetitor kamu menggunakan SEO dan kamu tidak, kamu akan kelewatan kesempatan meraih pangsa pasar yang lebih besar.

  1. Ekspansi Global

Dengan SEO yang efektif, bisnis kamu dapat mencapai audiens global. Ini membuka pintu untuk pertumbuhan yang lebih besar.


•••

Jadi, jika kamu ingin merasakan dampak yang lebih signifikan saat menerapkan SEO, berkolaborasi dengan GoesDigital jadi solusi untuk kamu, dengan pendekatan berbasis data, bisnis kamu akan mencapai hasil yang maksimal dibanding kompetitor bisnis kamu.

Tingkatkan Penjualan Kamu Dengan Jasa Content Marketing & SEO dari GoesDigital

Buat bisnis kamu hadir online dengan maksimal bersama jasa Content Marketing & SEO dari GoesDigital.



Collaborate with us now!

Collaborate with us now!

Collaborate with us now!

Its time to achieve your

sustainable growth.

Its time to achieve your

sustainable growth.

Its time to achieve your

sustainable growth.