Dalam bisnis, besar atau tidaknya bisnis dinilai dari seberapa banyak produknya laku di pasar. Oleh karena itu, kamu sebagai pebisnis perlu memperbesar basis konsumen, dari mengakuisisi sampai mempertahankan konsumen yang sudah membeli produk kamu.
Untuk membuat konsumen kamu tetap setia, kamu harus mencari cara untuk menjaga hubungan yang baik antara bisnis kamu dan konsumen kamu. Mulai dari kirim ucapan ulang tahun, memberi diskon khusus untuk konsumen kamu, dan mengundang ke acara khusus yang kamu buat untuk konsumen kamu yang loyal.
Sebelum melakukan hal tersebut, kamu perlu mengumpulkan data konsumen kamu dan menganalisisnya, membuat kategori sesuai kebutuhan kamu, mengirim pesan khusus ke setiap kategori yang kamu buat, dan memantau kinerja bisnis kamu agar tidak ada konsumen yang pindah ke kompetitor. Kamu bisa menggunakan customer relationship management sebagai solusi bisnis kamu untuk menjaga hubungan kamu dengan konsumen.
Riset dari WebFX mengatakan Return on Investment (ROI) dari penerapan customer relationship management adalah 871%, berarti setiap Rp 1.000 yang dikeluarkan, kamu akan mendapatkan Rp 8.710. Dari riset tersebut, terlihat kalau customer relationship management bantu meningkatkan penjualan kamu. Mulai cari tau bagaimana customer relationship management bantu meningkatkan penjualan bisnis kamu.
Apa itu Customer Relationship Management
Customer Relationship Management (CRM) adalah cara suatu bisnis untuk Mengelola dan meningkatkan hubungan antara bisnis dan konsumennya. Ini dapat dilakukan secara manual atau melalui software khusus untuk menjaga hubungan yang baik antara bisnis dan konsumennya.
Untuk menjaga konsumen tetap loyal dengan bisnis kamu, Customer Relationship Management memiliki fungsi seperti berikut:
Mengumpulkan data konsumen
CRM dapat mengumpulkan dan menyimpan data setiap konsumen seperti, data pribadi konsumen, riwayat pembelian konsumen, dan interaksi sebelumnya dengan bisnis kamu.
Analisis data konsumen
Dari data yang sudah dimiliki, CRM menganalisis data konsumen untuk mengenali perilaku belanja setiap konsumen, dan apa yang dibutuhkan oleh konsumen itu sendiri. Analisis ini membantu kamu untuk memahami konsumen jauh lebih baik
Otomatisasi penjualan dan marketing
CRM dapat digunakan untuk mengotomatisasi proses penjualan dan marketing, seperti mengirimkan email marketing dan promo khusus lewat aplikasi chat, email dan notifikasi app di smartphone kamu.
Customer service
CRM mampu bantu bisnis kamu dalam menangani kendala konsumen dan dapat memberikan pelayanan yang cepat dan efektif.
Terpersonalisasi
Dengan CRM, kamu bisa mengirim pesan ke konsumen kamu sesuai kategori konsumen yang kamu buat, sehingga konsumen kamu merasa spesial dan akan berbelanja kembali di waktu yang datang
Analisis kinerja bisnis
CRM bisa bantu sebuah bisnis melihat seberapa baik bisnis kamu memenuhi kebutuhan konsumen. Kamu bisa mengenali area mana saja untuk perkembangan bisnis.
Cara Customer Relationship Management Meningkatkan Penjualan Bisnis Kamu
CRM bisa meningkatkan penjualan dengan menjaga konsumen kamu tetap beli produk kamu (customer retention) dan membuat konsumen kamu loyal dengan bisnis kamu (customer loyalty). Kamu bisa memulai meningkatkan penjualan kamu mulai dari:
Pahami kebutuhan konsumen kamu
Mulai dari mengumpulkan data konsumen, kamu bisa mulai mengumpulkan data pribadi konsumen, riwayat pembelian, kritik dan saran. Dari data tersebut, kamu akan memahami apa yang konsumen inginkan dari bisnis kamu, sehingga tim kamu bisa menyesuaikan produk kamu.
Targeted Marketing yang dipersonalisasi
Kamu bisa memasarkan produk sesuai target berdasarkan data konsumen yang kamu miliki. Kamu bisa membuat rekomendasi atau penawaran khusus untuk konsumen dengan tingkat pembelian tertentu.
Lakukan Follow-up secara efektif
Sistem CRM dapat membantu kamu memantau interaksi antara bisnis kamu dan konsumen. Kamu juga bisa membuat tindakan preventif ketika konsumen kamu akan meninggalkan bisnis kamu.
Miliki Customer Service yang proaktif
Dengan data yang sudah siap digunakan, tim kamu dapat menangani keluhan konsumen kamu dengan cepat, memastikan kepuasan konsumen adalah prioritas utama untuk kamu.
Bangun Program Loyalty yang efektif
Dengan sistem CRM, kamu bisa merancang program loyalty sesuai dengan perilaku konsumen, kedepannya akan mendorong pembelian ulang oleh konsumen.
Lakukan Analisis Prediktif untuk peluang baru
CRM dapat membantu kamu untuk mencari peluang marketing dan peluang rilis produk baru, pastinya peluang tersebut dapat sangat relevan bagi konsumen kamu.
Pengurangan Tingkat pergantian konsumen (Churn Rate)
Dengan fokus pada kebutuhan konsumen kamu, CRM dapat bantu mengurangi tingkat churn rate bisnis kamu, dan memastikan konsumen kamu loyal dan selalu membeli produk kamu.
Keuntungan dari Penerapan Customer Relationship Management Ke Dalam Bisnis Kamu
Dari penerapan CRM ke dalam operasional bisnis, kamu akan mendapat keuntungan seperti:
Meningkatnya Customer Retention
Dengan CRM, kamu bisa menjaga konsumen kamu agar tetap berbelanja produk kamu. Jika ada konsumen yang mulai tidak sering belanja di bisnis kamu, CRM dapat mendeteksi mereka dan segera bertindak cepat untuk menjaga konsumen kamu tidak pindah ke kompetitor kamu.
Meningkatnya Customer Loyalty
CRM membantu kamu dalam membuat program loyalitas yang bertujuan untuk menjaga konsumen kamu tetap menggunakan produk kamu secara terus menerus dibanding kompetitor. Dengan data konsumen yang kamu miliki, kamu bisa membuat konsumen kamu menjadi “anggota eksklusif” dibanding konsumen yang lain.
Pengalaman Personal
Konsumen akan merasa diperhatikan ketika kamu menerapkan CRM ke dalam bisnis kamu. CRM bisa bantu kamu untuk membuat pesan secara khusus ke konsumen kamu melalui media apapun seperti, email, sms, aplikasi chat, dan notifikasi dari aplikasi kamu.
Customer Service yang Lebih Baik
Jika konsumen memiliki pertanyaan atau keluhan mengenai produk kamu. CRM mampu menunjukkan ke tim customer service kamu data riwayat interaksi konsumen. Hal ini membuat tim customer service kamu dapat mengatasi kendala konsumen lebih cepat dan efektif.
Mendapatkan Peluang Baru Untuk Berkembang
CRM bisa bantu kamu melihat peluang yang bisa dikembangkan oleh tim kamu. Misalnya, jika ada konsumen yang suka membeli produk A, CRM akan merekomendasikan konsumen untuk membeli produk B, karena produk B dapat mendukung fungsi dari produk A. Hal ini terjadi karena adanya kesamaan dalam kebutuhan dari konsumen itu sendiri.
• • •
Di era bisnis yang sangat kompetitif, menjaga hubungan yang baik dengan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan dari sebuah bisnis. Menggunakan customer relationship management (CRM), kamu akan mampu meningkatkan jumlah konsumen yang setia dengan bisnis kamu. Dari mengumpulkan data konsumen, analisis data, dan membuat strategi yang sesuai dari hasil analisis data yang kamu lakukan sebelumnya. Maka, konsumen kamu akan semakin setia dengan bisnis kamu dan penjualan produk kamu meningkat signifikan.
Siap untuk menggunakan customer relationship management (CRM) ke dalam operasional bisnis kamu?
GoesDigital siap bantu bisnis kamu raih keuntungan maksimal. Dengan menggunakan data sebagai dasar keputusan, GoesDigital siap menjadi solusi untuk bisnis kamu yang ingin berkembang.