GoesDigital growth-based solution serve a wide range of services to enable business to grow faster

CRM dengan AI : Update Terbaru Dalam Bisnis Kamu

7 Agu 2023

Customer Relationship Management berbasis AI merupakan solusi dalam meningkatkan kepuasan konsumen
Customer Relationship Management berbasis AI merupakan solusi dalam meningkatkan kepuasan konsumen
Customer Relationship Management berbasis AI merupakan solusi dalam meningkatkan kepuasan konsumen

Ketika kamu membuat konsumen loyal dengan bisnis kamu ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti, kirim ucapan selamat ulang tahun, promo tanggal cantik, promo event tertentu seperti promo lebaran dan promo kemerdekaan. 

Sebelum sebuah bisnis melakukan pendekatan kepada customernya, biasanya bisnis tersebut akan mengumpulkan data konsumen mulai dari nama, email, dan nomor telepon dimana data tersebut dapat membantu sebuah bisnis untuk dapat melakukan pemetaan terhadap customer sehingga mampu memberikan pengalaman (user experience) yang baik. Proses inilah yang disebut CRM singkatan dari Customer Relationship Management.

Bagaimana jika Artificial Intelligence (AI) bisa bantu menjalankan proses CRM kamu. AI yang sudah dikenal luas oleh banyak orang ini bisa bantu kamu mulai dari automasi tugas, analisis data konsumen, dan buat prediksi berdasarkan data yang kamu miliki. Studi dari Salesforce bilang penggunaan CRM dengan AI, ada peningkatan penjualan sebesar 7% dan peningkatan kepuasan konsumen sebesar 10%.

Yuk simak, bagaimana CRM dengan AI bisa bantu penjualan dan menaikan kepuasan konsumen kamu


Apa itu CRM dan Bagaimana AI bisa membantu CRM

Setelah membahas apa yang bisa CRM dengan AI bantu bisnis kamu. Sekarang ada sedikit penjelasan dari CRM dan AI itu sendiri, kenapa CRM dengan AI bisa bersatu ?

CRM itu apa sih? CRM adalah sebuah proses untuk mengelola interaksi dengan konsumen di berbagai saluran, kayak telepon, email, media sosial, chat, dan situs web. CRM bisa bantu bisnis kamu untuk:

  1. Menyimpan dan analisis data konsumen

Kamu bisa menyimpan data konsumen dan menganalisisnya untuk membuat segmentasi konsumen yang berfungsi untuk membagi jenis konsumen dan pengembangan pesan yang terpersonalisasi. 

  1. Personalisasi pesan untuk konsumen

Dari hasil analisis yang sudah dilakukan dan segmentasi konsumen yang dibuat. Kamu bisa buat pesan khusus ke konsumen sesuai dengan segmentasi yang dibuat, tujuannya ialah meningkatkan hubungan antara kamu dengan konsumen kamu.

  1. Mengotomatiskan tugas yang memakan waktu

Dengan menggunakan software CRM, kamu bisa blast email ke konsumen kamu dan mengirim in-app notifications sesuai alur campaign yang telah kamu buat.

  1. Meningkatkan penjualan

Dari analisis data yang kamu lakukan sebelumnya, kamu dapat menemukan peluang baru untuk meningkatkan penjualan produk kamu dan dapat mendorong pembelian ulang oleh konsumen lama kamu.

  1. Meningkatkan kepuasan konsumen

Dengan memahami apa yang konsumen mau, kamu bisa melayani sesuai kebutuhan mereka dan konsumen kamu akan merasa dihargai oleh kamu.

  1. Mengurangi biaya

Pengaplikasian CRM mampu menghilangkan tumpang tindih dalam pengerjaan tugas, sehingga operasional bisnis kamu menjadi ramping dan dapat meminimalisir biaya.

Lalu, bagaimana CRM bekerja untuk merubah konsumen menjadi loyal dengan bisnis kamu? 
  1. Pengumpulan Data 

Diawali dengan pengumpulan data yang mencakup informasi kontak, preferensi konsumen, kebutuhan konsumen itu sendiri, riwayat transaksi konsumen, hingga data tambahan seperti demografi, feedback dan survei.

  1. Penyimpanan dan Organisasi Data

Setelah dikumpulkan, CRM menyimpan dan mengelola informasi konsumen dalam satu lokasi, yang pastinya memudahkan akses untuk dianalisis dan berbagi informasi antar tim jadi lebih mudah.

  1. Analisis data 

Dari data yang dikumpulkan dan disimpan. Data konsumen diolah untuk mengenali perilaku konsumen, preferensi, dan pola pembelian. Informasi berikut dapat jadi acuan untuk mengenali tren pasar, peluang baru, dan potensi perkembangan dari bisnis itu sendiri.

  1. Personalisasi Customer Experience

Dengan data yang dianalisis, CRM dapat membuat customer journey khusus dari setiap konsumen. Tim lain seperti sales dan marketing dapat mengirimkan konten yang relevan sesuai dengan preferensi konsumen. Dengan membuat customer journey khusus, dapat meningkatkan peluang untuk konsumen membeli produk bisnis kamu kembali.

  1. Otomatisasi Proses 

Dengan menggunakan software CRM. Otomatisasi tugas jauh lebih mudah seperti, pengiriman email dan chat, dan penugasan ke tim terkait jauh lebih mudah. Otomasi dapat mengecilkan human error.

  1. Customer Service yang Responsif 

Dengan implementasi CRM, tim customer service dapat mengakses riwayat konsumen dengan cepat dan menghasilkan solusi yang cepat dan tepat.

  1. Analisis Kinerja

Software CRM juga dapat memudahkan kamu dalam pembuatan laporan analisis performa bisnis dan interaksi konsumen. Hasilnya dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kepuasan konsumen, sehingga bisnis yang kamu jalankan lebih optimal.

  1. Relasi dengan Konsumen

CRM bantu membangun hubungan jangka panjang antara bisnis kamu dengan konsumen. Dengan memahami kemauan konsumen, bisnis kamu dapat fokus dengan optimasi pelayanan dan meningkatkan kepuasan.

Setelah paham tentang CRM mulai dari pengertian dan cara kerjanya. Bagaimana jika AI bisa bantu kinerja CRM kamu lebih baik dibanding CRM konvensional?

AI atau Artificial Intelligence adalah teknologi yang cara kerjanya seperti otak manusia. Dengan menggunakan beberapa teknik seperti machine learning dan natural language processing. AI dapat mempelajari data dan memahami pola dari data tersebut untuk mengambil keputusan sendiri.

Dengan berkolaborasi dengan AI, CRM dapat meningkatkan efisiensi, mampu personalisasi pesan untuk konsumen, meningkatkan responsivitas dari customer service bisnis kamu, hingga bisa meramal tren pasar yang akan datang juga.


Bagaimana CRM Dengan AI Berkolaborasi, Apa Saja Manfaatnya

Setelah membahas penjelasan CRM dan AI serta penjelasan singkat manfaat kolaborasi CRM dengan AI. Sekarang cara implementasi AI ke dalam CRM bagaimana ya ? Dalam implementasi AI ke dalam CRM perlu beberapa langkah seperti berikut: 

  1. Analisis Kebutuhan Bisnis 

Untuk mengenali kebutuhan bisnis dan kebutuhan konsumen, kamu perlu analisis mendalam apakah AI mampu menyelesaikan masalah CRM kamu ? atau kamu ingin AI hadir untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan konsumen.

  1. Pemilihan Platform 

Kebutuhan bisnis perlu menjadi bahan pertimbangan platform, atau kamu bisa mengintegrasikan AI ke platform CRM yang sudah dijalankan.

  1. Pengumpulan Data 

Kumpulkan data konsumen dari berbagai sumber, persiapkan data dengan matang dan jelas agar siap untuk analisis oleh AI.

  1. Implementasi Model Machine Learning 

Gunakan teknik machine learning untuk melatih model AI yang sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti analisis pola pelanggan atau peramalan tren pasar.

  1. Pembuatan Customer Journey khusus 

Dalam pembuatan customer journey, perlu untuk kamu membuat konten dan penawaran khusus berdasarkan data konsumen, untuk dipelajari oleh AI. 

  1. Penggunaan Chatbot dan Customer Service 

Penerapan chatbot berbasis AI dapat membantu konsumen ketika membutuhkan bantuan, dari segi bisnis, dapat merampingkan proses customer service bisnis kamu.

Setelah berhasil menerapkan AI dalam CRM. Maka bisnis kamu akan siap merasakan manfaat, seperti: 
  1. Analisis Data Lebih Cerdas

Dengan AI, kamu bisa mendapatkan analisis data konsumen secara detail dan jelas, dan kamu tau pola dan tren yang relevan bagi operasional bisnis kamu. Sehingga kamu bisa mengenali konsumen kamu jauh lebih baik.

  1. Personalisasi Pengalaman Pelanggan

Kamu bisa membuat customer experience yang khusus bagi konsumen kamu sesuai segmentasi yang sudah dibuat. Mulai dari promo khusus, rekomendasi, hingga konten yang sesuai dengan segmentasi konsumen. 

  1. Customer Service yang Responsif

Berkat AI, konsumen kamu dapat merasakan cepatnya pelayanan konsumen kamu karena AI telah mengurus mulai dari pengenalan masalah, pembuatan tiket, hingga pemilihan solusi.

  1. Peramalan dan Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

AI bisa bantu kamu menentukan langkah selanjutnya, karena AI mampu meramalkan tren pasar berdasarkan data yang dimiliki.

  1. Efisiensi Operasional

AI dapat membuat otomatisasi tugas dan langsung melaksanakannya, sehingga operasional bisnis kamu lebih efisien dan biaya yang kamu keluarkan lebih sedikit.

  1. Keunggulan Kompetitif 

Kolaborasi CRM dengan AI mampu memberikan keunggulan bagi bisnis kamu terutama dalam pengoptimalan customer service dan kinerja bisnis secara keseluruhan.


Untuk mendukung implementasi CRM dengan AI, berikut contoh perusahaan yang berhasil menerapkan CRM dengan AI, Contohnya ialah Tokopedia. Perusahaan e-commerce ini sudah menggunakan AI di dalam CRM mereka. Tokopedia menggunakan personalisasi customer experience untuk membuat konsumen betah dan loyal dengan tokopedia dan menggunakan AI di chatbot mereka yang bertujuan untuk mempercepat penyelesaian masalah yang dialami oleh konsumen.

•••

Kesimpulan

Dengan berkolaborasinya AI dan CRM, kamu bisa meningkatkan penjualan dan konsumen kamu akan loyal dengan bisnis kamu.  AI juga bisa membantu dalam otomatisasi pekerjaan yang berdampak pada efisiensi operasional,lalu AI mampu mengenali customer behaviour dan dapat meramalkan tren pasar dan kebutuhan konsumen yang akan datang. Dengan AI kamu juga bisa memberi pengalaman konsumen yang lebih personal. Pada akhirnya konsumen kamu akan loyal dengan bisnis kamu. 

Bagaimana? Menarik bukan bagaimana CRM bisa membuat penjualan kamu meningkat dan konsumen kamu loyal dengan bisnis kamu. Apalagi kalau bisnis kamu pakai AI sebagai bagian dari CRM kamu. Dijamin, penjualan naik dan konsumen kamu semakin loyal sama kamu.

Kalau kamu masih bingung bagaimana implementasi CRM ke dalam bisnis kamu, konsultasikan dan kolaborasikan dengan GoesDigital!

Tingkatkan Loyalitas Konsumen dan Maksimalkan Revenue dengan Customer Relationsip Management Services dari GoesDigital
GoesDigital growth-based solution serve a wide range of services to enable business to grow faster
GoesDigital digitalize business by act as growth-based solution for businesses

Its time to achieve your sustainable growth. Colaborate with us now!

Start Your Project Now