Introduction
Dalam mencari konsumen baru, setiap bisnis membutuhkan bermacam strategi marketing untuk mendapatkan konsumen baru, mulai dari beriklan di media sosial, kolaborasi key opinion leader (KOL), dan membangun landing page.
Jika kamu baru saja memulai bisnis, hal tersebut terasa seperti sesuatu yang sulit dilakukan, mulai dari channel mana yang tepat untuk beriklan, KOL mana yang tepat untuk diajak kolaborasi, sampai isi konten media sosial bisnis kamu seperti apa. Penelitian dari TechJury bilang, 70% konsumen mulai tertarik dengan produk setelah melihat di iklan.
Mungkin bisnis kamu bisa saja langsung buat iklan hanya bermodal intuisi saja, namun bagaimana jika campaign selanjutnya tidak menghasilkan apa - apa ? Disinilah data mulai diperhitungkan untuk membuat strategi marketing selanjutnya. Data driven marketing bisa jadi solusi untuk bisnis kamu.
•••
Data Driven Marketing dan Solusi Bagi Bisnis Kamu
Data-Driven Marketing adalah sebuah pendekatan yang maksimalkan data dan analisis untuk membuat strategi dan menyesuaikan upaya marketing untuk audiens tertentu. Daripada menggunakan intuisi atau asumsi, lebih baik menggunakan pendekatan berbasis data. Pengumpulan data untuk membuat strategi bisa didapatkan mulai dari data perilaku konsumen, tren pasar terkini, hingga insight demografik.
Untuk membantu bisnis kamu growth dengan cepat dan tepat, berikut solusi yang akan diutamakan:
Optimasi Alokasi Anggaran
Dengan menggunakan data konsumen, bisnis kamu dapat mengetahui marketing channel mana yang paling efektif dan kamu bisa mengalokasikan dana lebih bijaksana.
Konten yang Dipersonalisasi dan Customer Experience
Dengan analisis data perilaku konsumen, bisnis kamu dapat memberikan pengalaman khusus dan relevan ke setiap konsumen. Mulai dari promosi produk atau jasa, email marketing yang dipersonalisasi dan rekomendasi produk atau jasa yang disesuaikan dengan kemauan konsumen itu sendiri.
Pengambilan Keputusan Berbasis Data
Data driven marketing menjadi dasar utama dalam pengambilan keputusan yang akurat dan rasional. Keputusan berbasis data dapat mengurangi resiko kesalahan. Pada akhirnya, bisnis kamu bisa memaksimalkan kesempatan untuk sukses.
Prediksi dan Perkiraan
Analisis data historis dan tren pasar dapat membuat prediksi perilaku konsumen di masa depan, dengan mengenali tren yang sedang berkembang, dan perkiraan permintaan produk atau jasa.
Perbaikan Performa Campaign
Dengan data yang didapatkan secara Real-Time, bisnis kamu dapat memantau kinerja campaign dengan cepat dan dapat mengenali campaign yang efektif atau butuh optimasi.
Analisis Persaingan
Dengan membandingkan data dan performa kompetitor, bisnis kamu dapat memahami posisi mereka di pasar dan dapat menentukan strategi mana yang paling tepat.
Adaptasi Terhadap Perubahan Pasar
Data driven marketing dapat membuat bisnis kamu siap menghadapi perubahan pasar dan tren konsumen secara cepat dan tepat. Dengan menggabungkan strategi marketing yang ada, bisnis kamu mampu menghadapi perubahan pasar.
•••
Benefit dari Data Driven Marketing
Dalam mengedepankan solusi bagi bisnis kamu, data driven marketing memberi benefit seperti:
Personalisasi
Dengan memaksimalkan data konsumen, Bisnis kamu dapat menciptakan pengalaman khusus untuk konsumen kamu. Email marketing yang dibuat khusus, rekomendasi, dan promosi dapat membuat engagement dan conversion rate lebih tinggi dan konsumen merasa paham dan dihargai.
Iklan Yang Terarah
Data driven marketing membuat bisnis kamu mampu mengenali target audiens yang tepat dengan konten dan iklan yang relevan. Pengoptimalan target dapat membantu mengurangi biaya dan memastikan pesan yang disampaikan dapat tersampaikan secara tepat, akhirnya conversion rate dapat meningkat.
Pemahaman Konsumen Yang Lebih Baik
Dengan analisis data konsumen, bisnis kamu dapat masukan yang berharga terhadap opsi konsumen, perilaku, hingga pain points dari konsumen itu sendiri. Semakin paham dengan konsumen dapat membantu bisnis kamu menyempurnakan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pada akhirnya konsumen puas dan menjadi loyal.
Marketing Campaign yang Teroptimasi
Data driven marketing membuat bisnis kamu dapat mengukur efektifitas campaign yang bisnis kamu jalankan secara real-time. Dengan menganalisis metrics kunci, Bisnis kamu dapat melakukan penyesuaian berdasarkan data yang bertujuan meningkatkan Return on Investment secara keseluruhan.
Mengurangi Resource yang Tidak Berguna
Data driven marketing dapat mempersingkat proses marketing secara efisien. Analisis berbasis data dapat mengenali campaign mana yang efektif. Pada akhirnya, campaign yang performa buruk dapat dihentikan.
Keuntungan Kompetitif
Dengan memaksimalkan data driven marketing, bisnis kamu dapat unggul di pasar. Ketika bisnis kamu dapat memaksimalkan data secara efektif, bisnis kamu dapat mengantisipasi perubahan tren pasar
Customer Retention yang Lebih Baik
Dengan analisis data konsumen, bisnis kamu dapat mengenali konsumen yang mulai meninggalkan produk atau jasa kamu, dan kamu bisa implementasikan strategi konsumen retention yang terarah.
Real-Time Decision Making
Data driven marketing dapat membantu bisnis kamu membuat keputusan secara real-time. Dengan data yang akurat dapat memungkinkan penyesuaian strategi marketing secara tepat waktu.
Untuk implementasi data driven marketing secara efektif, bisnis kamu harus
Berinvestasi dalam pengumpulan data,
Mampu untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber,
Menghormati privasi dan keamanan data,
Berani bereksperimen, melatih tim marketing kamu, dan
Mengikuti bermacam pendekatan.
•••
Bagaimana Data Driven Marketing Bantu Bisnis Kamu
Setelah paham benefit dari data driven marketing, sekarang bagaimana data driven marketing bekerja untuk growth bisnis kamu:
Pengumpulan Data
Data yang akan dikumpulkan berupa perilaku user, kebutuhan user, data demografi, dan engagement terhadap bisnis kamu. Pengumpulan data bisa didapatkan dari berbagai website, social media, hingga transaksi konsumen.
Penyimpanan dan Pengolahan Data
Setelah dikumpulkan, lalu data tersebut diolah mulai dari filter data, penggabungan data, sampai penyusunan data menjadi format yang bisa di analisa.
Analisis Data
Setelah dibuat menjadi format yang dapat dianalisa, data dianalisis dan menghasilkan insights yang punya tujuan bagi growth bisnis kamu. Mulai dari analisis statistik, identifikasi tren konsumen, sampai pembuatan pola perilaku konsumen.
Segmentasi
Setelah dianalisis, hasil data dikelompokkan sesuai segmen tertentu berdasarkan karakteristik dan perilaku serupa.
Konten yang Dipersonalisasi
Setelah pembuatan segmen, proses pembuatan konten yang terpersonalisasi dapat dimulai. Pembuatan email marketing, promosi, dan rekomendasi produk atau jasa disesuaikan dengan segmen yang ditetapkan.
Targeting Iklan
Data driven marketing dapat membuat target audience secara tepat sasaran. Dengan mempelajari profil konsumen, bisnis kamu dapat menampilkan iklan ke orang yang tepat dan memiliki kemungkinan besar untuk tertarik dengan produk atau jasa yang dipasarkan.
Optimasi Campaign
Berdasarkan analisis data, bisnis kamu dapat mengukur market campaign. Optimasi dapat dilakukan secara terus menerus bertujuan untuk meningkatkan return on investment (ROI) dengan penempatan dana yang tepat.
Prediksi dan Antisipasi
Data driven marketing dapat membuat bisnis kamu memprediksi tren pasar yang akan datang, perubahan perilaku konsumen, atau kebutuhan konsumen.
Pemantauan secara Real-Time
Data driven marketing memungkinkan bisnis kamu memantau secara real-time atas kinerja campaign dan interaksi konsumen.
Melalui proses tersebut, data driven marketing dapat bantu bisnis kamu mengambil keputusan yang tepat dan relevan. Hal tersebut meningkatkan efektifitas marketing, dan memperkuat hubungan dengan konsumen. Pada akhirnya bisnis kamu mendapatkan revenue dan brand awareness yang tinggi.
•••
Kesimpulan
Data driven marketing bisa menjadi solusi bagi bisnis kamu, terutama usaha baru dengan keterbatasan dan dan minim informasi tentang strategi marketing. Dengan data, optimasi dana, mempersonalisasi konten dan meningkatkan konsumen experience, serta pengambilan keputusan berdasarkan data, bisnis kamu dapat meraih keunggulan yang kompetitif, dan mampu membuat konsumen loyal terhadap bisnis kamu. Data driven marketing bantu bisnis kamu mencari konsumen sampai menjaga loyalitas konsumen.
Raih hasil campaign lebih optimal dengan berkolaborasi dengan GoesDigital. Dengan analisis berbasis data bisa membuat bisnis kamu merasakan keunggulan kompetitif dibanding kompetitor lain.