Memiliki aset digital seperti website atau aplikasi bagi pebisnis di era sekarang ini sudah menjadi kebutuhan agar tetap bertahan dan tumbuh. Aset ini akan sangat bermanfaat untuk melakukan pemasaran online tentang bisnismu. Namun, dibutuhkan sistem tracking agar kamu bisa melacak segala macam aktivitas yang terjadi sehingga mampu memahami perilaku audiens.
Tracking juga akan memudahkanmu mengetahui dari mana pengunjung datang, hingga membantu menilai kampanye mana yang paling bagus kinerjanya. Ini akan sangat memudahkanmu dalam mengambil keputusan tentang strategi pemasaran yang akan digunakan.
Agar kamu lebih paham tentang manfaat tracking bagi bisnismu, simak secara lengkap tentang tracking dalam digital marketing yang perlu kamu ketahui lewat artikel ini!
Pengertian Tracking dalam Digital Marketing
Tracking dalam digital marketing merupakan proses pengumpulan data interaksi atau perilaku pengguna pada berbagai saluran pemasaran digital. Termasuk pemantauan aktivitas di situs web, media sosial, email, iklan, dll. Mulai dari jumlah orang yang datang ke websitemu, berapa banyak orang yang menambahkan produk ke keranjang belanja, hingga jumlah orang yang sudah membayar.
Selain itu, apabila kamu melakukan pemasaran digital di berbagai channel. Tracking akan memudahkanmu melacak dari mana datangnya suatu konversi. Apakah dari iklan social media, google atau channel lainnya. Proses ini ditujukan untuk memahami perilaku audiens yang datanya akan diolah, dianalisa, sehingga bisa ditarik sebuah kesimpulan untuk mengukur kinerja strategi yang digunakan.
Manfaat Penggunaan Tracking
Apabila kamu belum menggunakan tracking dalam kegiatan pemasaran digital. Kamu tidak akan tahu mana saja upaya yang perlu diubah dan mana yang berhasil. Dengan tracking, akan memungkinakan kamu untuk:
Mengetahui sumber trafik terbesar pada suatu halaman
Paham perilaku pengguna situs atau aplikasi
Mengukur konversi dan ROI kampanye
Identifikasi hal yang perlu dioptimalkan
Data yang berhasil diketahui melalui tracking merupakan data real dan akurat. Dengan data-data tersebut, kamu bisa melakukan penyesuaian terhadap strategi pemasaran yang sedang kamu lakukan. Diharapkan, hasil evaluasi tersebut bisa digunakan untuk membuat strategi baru yang akan meningkatkan konversi dan mengoptimalkan anggaran.
Jenis-jenis Tracking dalam Digital Marketing
Dalam pemasaran digital, banyak sekali tindakan pelanggan yang perlu untuk diketahui agar kamu mengerti seberapa efektifnya strategi yang sudah kamu gunakan. Terdapat beberapa jenis tracking yang bisa kamu ketahui, yaitu:
UTM Parameter
Suatu parameter yang ditambahkan pada URL untuk melacak sumber trafik. Kamu bisa membedakan UTM tiap channel dengan kode unik yang dicantumkan. Data yang didapatkan akan menunjukkan pengunjung datang dari website, sosial media atau dari iklan, dan nantinya bisa kamu evaluasi hasilnya.
Pixel Tracking
Tracking ini merupakan alat pelacak yang dimiliki meta secara langsung. Menghubungkan website tujuan dengan akun meta anda, sehingga segala aktivitas yang kamu inginkan bisa terlihat di dashboard meta.
Conversion Tracking
Memungkinkan kamu mengetahui tindakan spesifik yang dianggap sebagai conversion dari suatu strategi pemasaran. Seperti, mengisi form, mendaftar newsletter, melakukan pembelian, dll.
Event Tracking
Berfungsi untuk melacak perilaku tertentu seperti menekan tombol daftar, membuka halaman situs, mengunduh file,dll. Cocok untuk melihat tindakan kecil yang dilakukan oleh pengunjung.
Call Tracking
Digunakan khusus untuk melacak aktivitas telepon yang bisa kampanye mu dapatkan. Bisa menunjukkan panggilan dari channel mana yang memiliki potensi besar dengan jenis kampanye ini.
Alat dan Platform Melakukan Tracking
Terdapat beberapa platform yang menyediakan alat tracking serta tempat data tracking dikumpulkan. Dengan kegunaan yang berbeda, ketahui tentang platformnya secara rinci sebagai berikut:
Google Analytics
merupakan platform gratis yang disediakan google. Kamu cukup menghubungkan websitemu dengan google analytics, maka semua tindakan yang dilakukan pengunjung akan terekam setiap detik.
Facebook pixel
memunginkan melacak pengunjung yang datang dari iklan. Segala aktivitas pengunjung yang datang dari iklan meta akan terekam disini dan ditampilkan pada dashboard meta.
Hotjar, Mixpanel, Clarity
alat atau platform ini menyediakan fitur tambahan seperti heatmap (ukuran seberapa banyak orang membaca sebuah tulisan di page tertentu terbaca hingga selesai), session recording dan tindakan pengunjung lainnya yang lebih spesifik. Sehingga membantu melihat bagian mana yang perlu ditingkatkan agar performa nya baik.
Cara Memulai Menggunakan Tracking
Penggunaan tracking yang sangat bermanfaat serta memudahkan, harus dibarengi dengan langkah penggunaan yang tepat. Berikut ini merupakan cara untuk kamu memulai menggunakan tracking dengan baik:
Menentukan tujuan dan KPI
sebuah strategi marketing digital membutuhkan tujuan dan KPI yang jelas sebagai parameter keberhasilan. Tracking digunakan agar hasilnya bisa fokus dan mudah dalam menentukan arah strategi selanjutnya.
Memilih alat yang tepat, dari beberapa platform yang tersedia.
kamu perlu menggunakan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Pertimbangannya bisa dari fitur hingga biaya penggunaannya.
Melakukan analisis dan optimasi
data yang terkumpul perlu dianalisa lebih lanjut untuk memahami kinerja strategi yang digunakan. Hasil analisa inilah yang nantinya menjadi bahan penyesuaian dan optimasi strategi agar hasil yang diinginkan tercapai
Kesimpulan
Dengan penggunaan tracking, strategi digital marketing bisa dijalankan secara terarah. Kamu bisa memahami perilaku audiens, menilai efektivitas hingga optimasi strategi dan dana untuk iklan dengan lebih mudah.
Tentukan terlebih dulu tujuan kampanye, sesuaikan dengan alat yang dibutuhkan lalu kamu bisa memantau dan evaluasi kinerjanya. Ini sangat membantumu untuk menghemat waktu dalam pengambilan keputusan untuk bisnis.Memungkinkan bisnis bisa selalu berkembang dan menghasilkan penjualan.
Kalau kamu ingin mengoptimalkan aset digital dengan tracking namun bingung mulai dari mana. Goesdigital siap membantu semua prosesnya, konsultasikan strateginya sekarang!
Jadi, tunggu apalagi? Kolaborasi sekarang dan tingkatkan bisnismu bersama GoesDigital.
