Kita semua mengetahui dalam menjalankan strategi digital marketing terdapat beberapa cara untuk dimanfaatkan mulai dari strategi organik maupun dengan beriklan. Bagi bisnis yang sudah memiliki profit yang besar mungkin beriklan tidak akan menjadi masalah yang besar, namun jika bisnis tersebut masih memiliki prioritas lain untuk dibandingkan mengeluarkan biaya iklan, maka menjalankan strategi organik digital marketing adalah solusi terbaik.
Lalu apa saja strategi digital marketing yang bisa dilakukan secara organik untuk menumbuhkan bisnis kita? Berikut 5 diantaranya.
Mengembangkan SEO Website
Menjalankan strategi organik marketing dengan memaksimalkan SEO pada website adalah langkah terbaik untuk menekan biaya marketing namun tetap berdampak pada bisnis.
Seo sendiri adalah sebuah optimasi yang dilakukan pada sebuah website dengan memperhatikan kualitas konten dan memperbaiki masalah teknis agar website bisa menampilkan informasi secara maksimal. Website yang teroptimasi dengan baik maka akan meningkatkan posisi keyword di halaman teratas google, meningkatkan jumlah pengunjung, hingga memperoleh potensial pelanggan.
Semua pebisnis yang memiliki website bisa menjalankan SEO dan memperoleh hasil terbaik dari strategi tersebut.
Untuk kamu yang belum tahu apa itu SEO dan ingin mencoba strategi ini bisa coba membaca artikel berikut Cara meningkatkan Penjualan Bisnis Secara Online Melalui SEO
Optimasi Sosial Media Bisnis
Jika kamu memiliki sosial media dan ingin meningkatkan brand awareness dari bisnismu serta menjangkau lebih banyak orang di internet maka mengoptimalkan sosial media adalah strategi digital marketing organik selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan.
Menurut laporan We Are Social, pada Januari 2024 pengguna sosial media di Indonesia sudah mencapai 139 Juta orang, yang mana angka ini setara dengan 49,9% dari total populasi. Nah ini tentunya peluang besar yang bisa kita manfaatkan untuk memaksimalkan digital marketing untuk bisnis kita dengan minim biaya.
Pemanfaatan sosial media untuk memasarkan bisnis juga sudah terbukti dan memberikan hasil yang cukup signifikan, khususnya dalam membangun komunitas calon pelanggan, hingga media komunikasi yang paling bagus untuk memberikan informasi kepada audience yang lebih luas.
Pemasaran Melalui Email Marketing
Strategi organik berikutnya adalah Email Marketing. Email marketing masih menjadi salah satu strategi yang efektif untuk memaksimalkan proses pemasaran secara online dan persuasi. Menurut M Target, rasio pengguna yang masih membuka email bisa dibilang cukup tinggi, berikut datanya berdasarkan masing-masing industri bisnis :
Beberapa manfaat menjalankan email marketing diantaranya:
Membangun pelanggan yang lebih loyal
Menjangkau target secara langsung
Meningkatkan potensi konversi
Efektivitas biaya
Untuk menjalankan strategi email marketing ini kamu bisa dengan mulai mengumpulkan data lengkap potensial leads (prospek) yang ingin ditargetkan, bisa berupa nama lengkap, profesi, alamat email dan lain sebagainya. Hal ini membantu kamu dalam membuat pesan yang lebih personal dan langsung menyasar kebutuhan user.
Pendistribusian Content Marketing
Content marketing mungkin sudah lebih familiar bagi banyak orang dan hampir semua bisnis berbondong bondong untuk membuat konten bisnis mereka sendiri. Strategi ini dilakukan bertujuan untuk menarik perhatian dari target audience untuk mau menjelajahi atau berinteraksi dengan platform yang kita miliki.
Pembuatan konten yang dilakukan secara optimal juga jadi salah satu strategi organik yang layak untuk dicoba. terdapat berbagai format yang bisa kita buat mulai dari tulisan, gambar, hingga video.
Kamu bisa mulai dengan melakukan eksplorasi ide konten apa yang menarik kemudian membuat konten marketing sendiri untuk bisnis kamu. Pastikan konten tersebut masih relevan dengan bisnis agar konten yang sudah kita hasilkan dengan usaha maksimal bisa berdampak bagi perkembangan bisnis.
Kolaborasi Influencer Marketing
Last but not least adalah influencer marketing, strategi digital marketing organik yang juga bisa kita kembangkan untuk meningkatkan performa pemasaran bisnis yang lebih hemat biaya dan tanpa harus beriklan.
Dengan melakukan kolaborasi bersama influencer maka kita bisa memperoleh eksposure yang lebih besar dari hasil kolaborasi tersebut, selain itu kita juga dapat membangun kepercayaan audience dengan memanfaatkan reputasi dari influencer yang berkolaborasi dengan bisnis kita.
Sebaiknya pilihlah influencer yang sesuai dengan niche bisnis kamu agar memberikan hasil yang optimal. Untuk tipe influencer sendiri berbeda-beda tergantung level, mulai dari yang paling kecil hingga influencer besar.
Cara Menjalankan Strategi Digital Marketing Secara Optimal
Perlu kamu ingat bahwa menjalankan strategi digital marketing secara organik adalah sebuh proses jangka panjang sehingga hasilnya tidak langsung terlihat, namun dengan konsistensi dan usaha yang baik maka hasil yang akan didapatkan di masa depan tentunya akan sangat berefek pada bisnis kamu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan strategi digital marketing melalui kanal organik:
Tentukan channel digital marketing yang akan digunakan
Menentukan channel yang akan digunakan sebelum menjalankan strategi organik ini yaitu dengan menentukan channel mana yang ingin dijalankan. Hal ini dapat membantu kita lebih fokus dan memberikan perhatian penuh pada strategi tersebut karena semakin banyak channel yang diurus biasanya akan membuat kita kelabakan dan malah tidak memperoleh performa terbaiknya.
Namun jika kita memiliki sumberdaya yang cukup dan kompeten maka tidak masalah memilih lebih dari satu channel organik.
Membuat perencanaan yang matang dan terukur
Bagian berikut yang perlu kita perhatikan adalah membuat rencana yang komprehensif dan menentukan alat pengukuran yang tepat untuk mengetahui sudah sejauh mana hasil yang kita peroleh dari menjalankan strategi digital marketing secara organik
.
Fokus pada kualitasnya
Strategi organik ini adalah strategi yang butuh effort besar untuk bisa memperoleh performa terbaiknya, maka dari itu penting untuk fokus pada meningkatkan kualitasnya yang benar-benar memberikan manfaat bagi bisnis maupun target yang kita sasar. Dengan begitu secara otomatis hasilnya akan datang dengan sendirinya.
Selalu melakukan monitoring secara berkala
Monitoring adalah poin penting yang harus terus dilakukan saat menjalankan strategi ini karena dengan memantau performanya secara rutin maka kita bisa langsung memperoleh insight sehingga bisa langsung melakukan berbagai penyesuaian dan improvement.
Melakukan promosi di berbagai platform
Karena strategi organik adalah usaha yang dilakukan tanpa iklan maka biasanya perkembangannya akan lebih lambat dibandingkan dengan hasil iklan. Untuk itu kita juga perlu berusaha untuk mempromosikan strategi tersebut entah dengan membagikan ke multi platform atau konsisten memproduksi konten berkualitas.
–
Nah itulah 5 strategi organik digital marketing dan cara menjalankannya secara optimal. Saatnya untuk menjalankan strategi digital marketing secara organik untuk bisnismu. Buat kamu yang ingin menerapkan dan memaksimalkan strategi digital marketing secara organik untuk bisnis kamu, yuk cek layanan goes digital yang bisa membantu kamu.
Goes Digital memiliki layanan digital marketing secara organik maupun melalui paid ads yang lengkap dan berbasis data diantaranya:
SEO
Email marketing
Media social management
Influencer marketing, dan
Content marketing
Langsung klik disini untuk melakukan konsultasi bersama tim berpengalaman kami. Semoga bermanfaat.