Kamu sebagai pebisnis pasti ingin penjualan produk kamu selalu meningkat. Di era digital ini, banyak orang sudah mulai sadar teknologi digital memudahkan untuk mendapatkan informasi apapun, dari berita, jasa, dan barang yang ingin diketahui oleh orang.
Kita menyadari kalau era digital ini bergerak sangat cepat dan meninggalkan kita hanya dengan dua pilihan, ikuti trend yang ada atau bisnis kamu ditinggal banyak konsumen. Oleh karena itu, kamu harus siap mengejar trend yang ada.
Data yang dirangkum oleh Google mengatakan, ROI bisnis yang menggunakan digital marketing mencapai 500%. Dari fakta itu, kamu bisa meningkatkan penjualan kamu dengan memaksimalkan digital marketing sebagai strategi bisnis kamu.
Simak cara meningkatkan penjualan bisnis kamu dengan memaksimalkan digital marketing dalam pemasaran produk bisnis kamu
Cara Meningkatkan Penjualan Online
Kenali Audiens Kamu Secara Mendalam
Mulai kenali audiens yang akan menggunakan produk kamu. Mengenali audiens merupakan titik awal yang krusial bagi bisnis kamu untuk menetapkan strategi digital marketing. Kamu bisa mengkategorikan mulai dari, demografi, perilaku, dan kebutuhan konsumen kamu. Contoh, jika kamu menjual produk kesehatan, audiens kamu adalah individu yang peduli dengan gaya hidup sehat dan rajin berolahraga.
Lakukan Eksperimen dengan Strategi Digital yang Beragam
Eksperimen seperti A/B testing merupakan langkah yang tepat untuk mengetahui strategi yang cocok untuk bisnis kamu. Mulai dari iklan berbayar di media sosial, pemasaran konten, SEO, dan email marketing. Setelah eksperimen sudah mulai menghasilkan, kamu bisa memperbesar budget dengan lebih bijak.
Optimasi Website atau Aplikasi Bisnis Kamu
Website atau aplikasi bisnis kamu adalah cerminan bisnis kamu di dunia online. Dengan meningkatkan kehadiran online, bisnis kamu terlihat lebih kredibel dibanding kompetitor kamu. Pastikan website atau aplikasi kamu tidak hanya terlihat menarik tetapi juga mudah dinavigasi. Dengan desain yang responsif, tata letak yang intuitif, dan kecepatan muat yang cepat. Website atau aplikasi yang user-friendly akan membantu pengunjung menjadi konsumen.
Gunakan Media Sosial dan Konten Viral
Media sosial adalah tempat yang sangat cocok untuk interaksi dengan audiens kamu. Buat konten yang menarik dan bermanfaat untuk audiens kamu mulai dari, gambar, infografis, video. Selalu ada peluang ketika konten menjadi viral, sehingga kamu bisa menjangkau audiens yang lebih besar.
Maksimalkan Email Marketing dan Marketing Automation
Memasarkan produk kamu tidak pernah mengecewakan kamu. Dengan mengirim email marketing relevan ke audiens dan konsumen kamu di waktu yang tepat. Selain kamu bisa tetap interaksi dengan audiens dan konsumen, kamu bisa menawarkan produk yang relevan bagi konsumen kamu. Menggunakan marketing automation tools bisa bantu kamu mengirim email khusus sesuai perilaku konsumen yang sudah ditentukan.
Buat Program Referral
Dengan membuat program referral, kamu bisa mengajak konsumen kamu untuk mencari konsumen baru dengan memberi insentif. Hal ini membuat kamu melakukan pemasaran tanpa biaya yang besar.
Personalisasi Konten
Untuk menarik hati audiens, kamu harus memaksimalkan data yang kamu punya untuk membuat konten yang terpersonalisasi. Contoh, Jika kamu berjualan produk fashion, kamu bisa mengirim ke konsumen kamu rekomendasi baju yang relevan dengan data pencarian konsumen kamu sebelumnya.
Menerapkan SEO dengan Cermat
Dengan SEO, website kamu bisa muncul di halaman teratas search engine dengan pencarian yang relevan dengan bisnis dan produk kamu. Misalnya, kamu menjual peralatan dapur, kamu bisa mengoptimalkan laman produk kamu dengan kata kunci “alat masak bagus”.
Fokus pada Mobile-Friendly
Pastikan website kamu ramah untuk pengguna smartphone. Banyak orang mengakses internet dengan menggunakan smartphone. Jika tidak, kamu bisa kehilangan calon konsumen kamu.
Gunakan Video dalam Konten Anda
Video jelas memiliki daya tarik sendiri dan mampu menyampaikan pesan lebih jelas. Konten video seperti tutorial, review, testimoni, dan cerita perjalanan bisnis kamu bisa membuat konsumen jauh lebih tertarik dengan produk yang kamu jual.
Manfaatkan Live Streaming dan Webinar
Dengan adanya live streaming dan webinar tentang manfaat produk yang kamu jual, konsumen kamu dapat berinteraksi langsung dengan kamu mulai dari, menjawab pertanyaan audiens dan memberi tutorial menggunakan produk kamu. Contoh, kamu adalah pengusaha dibidang peralatan masak. Kamu mengadakan live cooking demo dengan bintang tamu chef terkenal, selain kamu bisa memberikan informasi tentang cara membuat makanan yang enak, kamu juga bisa menampilkan kegunaan produk kamu di live cooking demo tersebut.
Pertahankan Konsistensi Merek
Konsistensi dalam menyampaikan pesan bisa bangun reputasi merek kamu yang jauh lebih kuat. Mencakup penggunaan logo, warna, dan gaya penyampaian yang konsisten di seluruh platform digital. Contoh, Starbucks membuat konten di platform digital nya menggunakan logo ikonik dan warna-warna tertentu.
Gunakan Data untuk Pengambilan Keputusan
Setiap keputusan yang kamu buat, pastikan ada data pendukung yang kuat. Misal, kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk mendapatkan insights tentang perilaku pengunjung website bisnis kamu, seperti laman yang paling banyak dikunjungi dan berapa lama rata-rata pengunjung berada di website bisnis kamu, sehingga kamu bisa menyesuaikan strategi bisnis kamu.
Monitor Kinerja Pesaing
Pantau kompetitor kamu untuk mendapatkan insights berharga tentang tren industri dan strategi yang mereka terapkan. Kamu bisa mempelajari kampanye pemasaran mereka, jenis konten yang mereka buat, dan cara mereka berinteraksi dengan konsumennya. Contoh, Apple dan Samsung selalu memantau satu sama lain untuk tetap bersaing di pasar smartphone.
Terus Belajar dan Berkembang
Dunia digital marketing selalu berubah, kamu harus terus update pengetahuan kamu dengan cara seperti, mengikuti seminar, baca buku, ikuti kursus, dan berpartisipasi ke komunitas agar tetap mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangan terbaru dalam sebuah industri.
Kolaborasi bersama GoesDigital
Dengan cara meningkatkan penjualan online tersebut, kamu juga bisa berkonsultasi dengan GoesDigital supaya penjualan produk kamu lebih optimal, GoesDigital bisa bantu bisnis kamu mulai dari:
Business Growth Services
GoesDigital bisa guide bisnismu untuk berkembang signifikan dan merampingkan proses bisnis kamu. Mulai dengan membentuk KPI, membimbing tim marketing, dan mendesain strategi peluncuran produk baru berbasis data.
Full Stack Digital Marketing Services
GoesDigital bisa bantu kamu menjalankan campaign produk kamu ke dunia digital. Dari analisis bisnis, pembentukan strategi, dan eksekusi strategi yang ditetapkan GoesDigital bisa lakukan untuk mencapai hasil yang maksimal.
Data Analytics
Ketika tim marketing kamu sudah mampu menjalankan campaign tapi data yang dimiliki masih belum optimal. GoesDigital bisa bantu mengolah data bisnis kamu dari pembuatan KPI dashboard, churn predict, dan data warehousing.
• • •
Di era digital yang bergerak sangat cepat, dengan memaksimalkan potensi digital marketing adalah cara meningkatkan penjualan bisnis kamu. Mulai dari, memahami audiens, bereksperimen dengan berbagai strategi dan memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi produk kamu. Jangan sampai kamu ketinggalan sama kompetitor kamu yang sudah berhasil menerapkan digital marketing ke dalam bisnis mereka.