GoesDigital growth-based solution serve a wide range of services to enable business to grow faster

Dasar tentang Digital Marketing yang Wajib Tau

Aug 19, 2023

Digital Marketing merupakan dasar bisnis kamu hadir secara online
Digital Marketing merupakan dasar bisnis kamu hadir secara online
Digital Marketing merupakan dasar bisnis kamu hadir secara online

Kamu ingin bisnis kamu bisa sukses di dunia digital? Semua pebisnis pasti mau seperti itu. Munculnya e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee jadi patokan produk kamu akan laris jika berjualan disana.

Nyatanya? Banyak pebisnis yang gagal berjualan di e-commerce, karena mereka tidak melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari jenis bisnisnya apa, produk apa yang akan dijual, lalu penentuan target bisnis, sampai target pembeli tidak jelas kemana arah tujuannya. Bukannya untung malah buntung. 

Dari masalah diatas, kamu harus paham kalau riset itu sangat penting sebelum memulai usaha. Kalau kamu terlanjur mulai duluan bagaimana?

Tenang saja, Kamu bisa menyesuaikan kembali tujuan bisnis kamu dan mulai menggunakan strategi digital marketing untuk pengembangan pangsa pasar kamu. Penelitian dari Nielsen bilang, bisnis yang menggunakan digital marketing cenderung lebih sukses dibanding yang tidak menggunakan digital marketing. Kira kira, bagaimana cara buat digital marketing bisa menaikkan penjualan kamu?

Cara Memulai Digital Marketing

Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan di platform online seperti, media sosial, website, dan email. Kalau penjelasan menggunakan analogi, digital marketing itu seperti tim sales yang terjun ke lapangan dan kamu sebagai pemimpin tim sales yang cukup memantau kegiatan anak buah kamu. Digital marketing mampu membantu bisnis kamu mulai dari:

  1. Meningkatkan Exposure Bisnis

 Dengan digital marketing, bisnis kamu dapat dikenal oleh audiens target kamu. Untuk mencapai itu, perlu beberapa cara, seperti iklan online dan kolaborasi dengan influencer. Tujuan utamanya ialah buat banyak orang tau tentang bisnis kamu, sehingga berpeluang untuk meningkatnya konsumen kamu.

  1. Membangun Brand Awareness

Brand awareness adalah seberapa banyak orang yang kenal dan bisnis kamu. Biar berhasil, kamu harus membuat pesan yang konsisten, mulai dari logo yang mudah diingat orang dan pesan yang informatif agar orang ingat kalau kamu bisnis kamu bisa menyelesaikan masalah konsumen.

  1. Meningkatkan Penjualan

Digital marketing juga bisa membantu bisnis kamu menaikkan penjualan.  dengan menyebar pesan diskon, promosi, atau launching produk baru. Hasilnya, konsumen kamu tau dan segera membeli produk kamu.

  1. Membangun Loyalitas Konsumen

dengan memaksimalkan teknologi digital seperti chat dan email. kamu bisa menjaga hubungan kamu dengan konsumen dengan cara, memberi ucapan hari ulang tahun, memberi promosi khusus, dan customer service yang responsif

Lalu, sebelum eksekusi digital marketing ke dalam bisnis kamu, apa saja yang perlu kamu siapkan sebelum menjalankan digital marketing?

  1. Tentukan Goals dan Objective Kamu.

 Kamu bisa menentukan goals kamu, bisa jadi meningkatkan penjualan, cari konsumen baru, atau kamu mau buat brand kamu dikenal banyak orang. Setelah kamu buat goals kamu apa. Lalu, kamu buat strategi apa saja agar bisa mencapai goals kamu.

  1. Tentukan Siapa Target Audience Kamu. 

Tentukan dulu siapa orang yang tepat pakai produk atau jasa kamu. Kamu bisa cari mulai dari minat konsumen, kebutuhannya, sampai pain point dari konsumen itu sendiri.

  1. Pilih Channel yang Tepat. 

Tidak semua channel bisa dijalankan sesuai dengan goals bisnis kamu, jika kamu mau butuh prospek baru, mungkin kamu harus fokus di media sosial atau email marketing. Jika kamu ingin meningkatkan penjualan, kamu bisa fokus di iklan online.

  1. Buat Konten yang Berkualitas. 

Konten itu vital bagi digital marketing. Kalau kamu mau buat target audience kamu tertarik dengan produk atau jasa kamu, kamu harus buat konten yang relevan, menarik perhatian, dan informatif ke target audience kamu

  1. Lacak Hasil Kinerja kamu. 

Sangat penting untuk melacak hasil iklan atau konten yang kamu buat. Dari hasil tersebut, kamu bisa melihat berhasil atau tidaknya, dan kamu bisa edit konten kamu agar berhasil.


Setelah kamu siap untuk menggunakan digital marketing, ada beberapa tips untuk kamu yang mau masuk digital marketing:

  1. Mulai Dengan Budget Yang Kecil

Tidak usah mulai dengan uang yang banyak, karena kamu masih bereksperimen untuk menjalankan iklan dan konten di media sosial. Seiring dengan berjalannya waktu, hasil dari penggunaan digital marketing kamu akan mulai terlihat dan disitulah kamu dapat melakukan scale-up budget atau menaikan budget secara perlahan.

  1. Konsisten dan Data-driven

Digital Marketing butuh waktu dan usaha untuk melihat hasil.  Kamu jangan berharap penjualan kamu langsung meningkat, ketika kamu menjalankan iklan maupun media sosial. Gunakan data sebagai acuan untuk melakukan optimasi dan jadikanlah data sebagai dasar dalam pembuatan action plan.

  1. Stay Up-to-date Dengan Perkembangan Digital Marketing

Digital marketing itu selalu berubah. Kamu harus tetap mencari tau ada update atau tren terbaru untuk implementasi iklan dan konten kamu untuk memastikan apa yang kamu kerjakan sesuai dengan algoritma dan best practices terbaru sesuai deengan update dari platform ataupun channel digital marketing yang kamu gunakan.


Jenis Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui 

Jenis Digital Marketing yang buat bisnis kamu lebih unggul dari kompetitor kamu.

Kamu sudah paham dengan dasar tentang digital marketing? Sekarang, jenis digital marketing itu ada apa saja sih? Berikut penjelasannya:

  1. SEO (Search Engine Optimization)

Kamu ingin website bisnis kamu terlihat oleh banyak orang yang sedang mencari keyword tertentu? Kamu bisa menggunakan Search Engine Optimization. Dengan menggunakan SEO, kamu bisa mendatangkan prospek yang sangat berkualitas, karena calon prospek kamu sudah melakukan riset sebelumnya.

  1. Iklan PPC

Iklan Pay Per Click merupakan iklan yang kamu buat lalu kamu tayangkan seperti di Google Ads, Meta Ads, dan Tik Tok Ads. Proses pembayarannya ditagih setiap orang yang klik iklan kamu. Iklan PPC mampu meningkatkan penjualan maupun brand awareness lebih cepat dibanding SEO.

  1. Influencer Marketing

Kamu tau influencer kan? Kamu bisa juga beriklan di media sosial nya influencer loh. Dengan beriklan di media sosial si influencer, kamu bisa dapat hasil yang instan loh, mulai dari brand awareness kamu yang meningkat sampai penjualan meningkat tajam.

  1. Email Marketing

Mungkin banyak orang menganggap email itu sudah usang, bahkan beberapa orang tidak pernah buka email nya. Email marketing merupakan strategi jangka panjang, dengan cara kamu buat konsumen kamu loyal dengan brand kamu, dengan mengirim promo dan ucapan lewat email. Bahkan kamu bisa menawarkan produk atau jasa baru secara eksklusif ke konsumen kamu.

•••

Dasar tentang digital marketing penting untuk kesuksesan bisnis di era digital. Mulai dari persiapan goals, mengenali target audience kamu, hingga pemilihan strategi yang tepat demi mencapai goals yang kamu tetapkan. Ada macam macam jenis digital marketing seperti SEO, iklan PPC, influencer marketing, dan email marketing. Saat implementasi, kamu harus memulai dengan dana yang kecil dulu untuk meminimalisir resiko yang ada. Lalu kamu harus bersabar karena proses belajar ini tidak bisa instan, yang paling penting kamu harus tetap up-to-date agar kamu bisa memperbarui cara kamu menjalankan strategi digital marketing ke dalam bisnis kamu.


Sudah menerapkan digital marketing secara baik dan benar, tapi hasil kamu belum optimal?

Kembangkan bisnis kamu tanpa harus menhabiskan budget marketing untuk percobaan dengan berkolaborasi bersama GoesDigital.

Raih dan Retensi Customer kamu dengan Digital Marketing Services dari GoesDigital. Maksimalkan potensi bisnis kamu dan raih revenue yang optimal.
GoesDigital growth-based solution serve a wide range of services to enable business to grow faster
GoesDigital digitalize business by act as growth-based solution for businesses

Its time to achieve your sustainable growth. Colaborate with us now!

Start Your Project Now