Our Services
Solutions
Insight Corner
English
Our Services
Solutions
Insight Corner
English

Back to Insight Corner

Back to Insight Corner

Back to Insight Corner

Sep 7, 2023

Sep 7, 2023

Jaga Customer Loyalty Dengan Strategi Customer Retention

Jaga Customer Loyalty Dengan Strategi Customer Retention

Jaga Customer Loyalty Dengan Strategi Customer Retention

Strategi Customer retention bisa membuat konsumen kamu loyal.
Strategi Customer retention bisa membuat konsumen kamu loyal.
Strategi Customer retention bisa membuat konsumen kamu loyal.
Strategi Customer retention bisa membuat konsumen kamu loyal.

Saat kamu menjalankan bisnis, kamu pernah membayangkan tidak saat kamu launch produk dalam waktu sekejap konsumen langsung tertarik dan segera membelinya. Kamu tidak perlu repot pasang iklan banyak untuk memasarkan produk kamu, konsumen kamu sudah memasarkannya secara gratis.

Itulah dampak dari strategi customer retention kalau diterapkan dengan benar di bisnis kamu. Sayangnya banyak bisnis yang tidak menerapkan strategi customer retention yang tepat, bahkan mayoritas bisnis hanya mementingkan hasil penjualan saja, padahal ada sebuah solusi yang buat bisnisnya jauh lebih laku tanpa mengeluarkan uang banyak.

Riset dari Bain & Company, Konsumen yang loyal lebih mungkin untuk merekomendasikan bisnis kamu ke teman dan keluarganya hingga 25 kali lipat daripada konsumen baru. Setelah membaca fakta tersebut, semakin jelas kalau bisnis kamu menggunakan strategi customer retention jauh lebih menguntungkan dibanding fokus dengan penjualan saja. 

Lalu, bagaimana cara konsumen betah sama bisnis kamu? Simak selanjutnya.


Apa itu Customer Retention

Customer Retention adalah sebuah upaya untuk sebuah bisnis untuk mempertahankan hubungan baik dengan konsumen yang sudah ada. Customer retention berfokus untuk memastikan konsumen kamu akan selalu membeli produk kamu dan tetap loyal.

Dalam penerapan strategi customer retention, bisnis kamu akan mendapat keuntungan mulai dari:

  1. Revenue yang meningkat

Konsumen yang setia cenderung lebih banyak belanja dibanding konsumen baru. Jadi, dari pembelian yang berulang dari konsumen pendapatan bisnis kamu juga meningkat.

  1. Biaya Rendah

Melakukan Customer Acquisition itu tidak murah daripada mempertahankan konsumen yang sudah ada. Oleh karena itu, customer retention bantu mengurangi biaya akuisisi konsumen baru.

  1. Keuangan bisnis jadi lebih stabil

Dengan konsumen kamu yang selalu melakukan pembelian ulang. Maka bisnis kamu dapat memproyeksikan pendapatan dan pengeluaran lebih terarah dan dapat beradaptasi saat kondisi ekonomi yang lagi sulit

  1. Customer Loyalty

Konsumen kamu akan merasa puas karena kamu melayani mereka dengan baik. Hal ini berdampak konsumen kamu akan loyal dan merekomendasikan produk kamu ke teman dan keluarganya.

  1. Referensi dari konsumen yang loyal

Konsumen yang puas cenderung merekomendasikan produk kamu ke orang lain, mulai dari teman, keluarga, dan orang yang melihat testimoni produk kamu di media sosial.

  1. Feedback yang bernilai

Kamu akan terus berinteraksi dengan konsumen kamu dan mereka akan memberikan feedback yang berharga. Sehingga, kamu memahami apa yang konsumen mau dan dapat memprediksi tren pasar yang akan datang.

  1. Mendominasi

Dengan memiliki konsumen yang loyal, kompetitor bisnis kamu akan sangat kesulitan untuk merebut konsumen kamu. Jadi, bisnis kamu punya basis konsumen yang kuat dan pangsa pasar kamu cenderung lebih kuat.

  1. Terbentuknya hubungan mendalam 

Dengan interaksi secara berkala, bisnis kamu dapat membangun hubungan dua arah antara kamu dan konsumen kamu. Hal tersebut bertujuan untuk membangun rasa percaya dan emosional antara kamu dan konsumen.


Implementasi Strategi Customer Retention

Setelah paham tentang keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menerapkan strategi customer retention. Bagaimana caranya agar konsumen kamu bisa loyal ? berikut caranya

  1. Kenali konsumen kamu

Kamu harus mengidentifikasi konsumen kamu seperti apa, lalu analisis data yang didapatkan untuk memahami kemauan konsumen kamu.

  1. Beri pelayanan yang unggul

Mulai dengan menyapa dengan ramah, menjawab pertanyaan dari konsumen, dan memberi solusi yang memuaskan jika ada masalah. Intinya, buatlah konsumen kamu merasa dihargai oleh kamu.

  1. Komunikasi yang terpersonalisasi

Dari hasil analisis data yang kamu miliki, kamu bisa menyesuaikan pesan ke setiap konsumen yang berbeda , mulai dari promo, rekomendasi, dan informasi yang sesuai dengan analisis data konsumen yang kamu punya

  1. Kirim konten yang berkualitas

Buat konten yang bersifat informatif dan bermanfaat yang dapat membantu konsumen kamu dalam menggunakan produk kamu atau kamu bisa membuat konten yang bisa memecahkan masalah mereka.

  1. Komunikasi secara berkala

Tetap komunikasi secara teratur melalui email, media sosial, atau platform lainnya. Kamu bisa buat newsletter untuk mengirim pesan ke konsumen secara berkala.

  1. Minta kritik dan saran

Setiap konsumen pasti memiliki penilaiannya masing masing, karena itu kamu harus mengumpulkannya untuk pengembangan produk kamu agar sesuai dengan kemauan konsumen kamu.

  1. Beri penghargaan

Setiap konsumen yang mencapai pembelian sebanyak sekian, kamu bisa memberi penghargaan seperti, undangan acara khusus, voucher, atau diskon eksklusif agar konsumen merasa dihargai.

  1. Pertahankan Kualitas produk

Pastikan produk yang kamu jual berada di kualitas terbaik dan tetap relevan untuk konsumen kamu. Teruslah berinovasi agar produk kamu tidak membosankan.

  1. Analisis dan perbaikan terus menerus

Pantau metrik seperti customer retention rate, churn rate, dan customer lifetime value. Pakai data ini untuk mengenali trend yang akan datang dan peluang untuk perbaikan.

  1. Miliki Tim Customer Support  yang kompeten

Dengan tim yang handal dalam menangani konsumen, metrik yang disebutkan sebelumnya akan terjaga dan semakin meningkat ke arah yang baik. Pastikan juga kamu memberi pelatihan yang cukup agar tim kamu dapat melayani dengan sangat baik.

  1. Konsistensi

Jaga keberlangsungan upaya menjaga customer loyalty dan kamu harus tau kalau menjaga loyalitas konsumen itu merupakan usaha jangka panjang. Jadi tetaplah konsisten.



GoesDigital bisa bantu bisnis kamu berkembang dengan implementasi strategi customer retention

Setelah kamu paham tentang menjaga konsumen agar loyal. Bagaimana GoesDigital  bisa bantu bisnis kamu agar konsumen kamu tetap loyal. GoesDigital bisa bantu kamu menjaga konsumen kamu mulai dari:

Website Based Customer Retention

Apabila bisnis kamu beroperasi di sektor e-commerce atau marketplace, GoesDigital dapat merumuskan strategi customer retention yang sesuai dengan karakteristik bisnis kamu. Kami akan membantu kamu dalam:

  1. Perumusan Strategi: 

Dengan berkolaborasi dengan kamu untuk merancang strategi customer retention yang efektif, menyesuaikan dengan target pasar dan produk kamu.

  1. Pembuatan Email Marketing: 

Pembuatan kampanye email yang menarik dan personal untuk tetap terhubung dengan konsumen kamu secara teratur.

  1. Pemantauan dan Optimasi: 

Melihat langsung kinerja strategi retention kamu secara berkala, melakukan analisis data, dan membuat perbaikan yang diperlukan untuk memaksimalkan hasil.

  1. Reporting: 

GoesDigital akan memberikan laporan yang jelas dan komprehensif mengenai performa strategi customer retention kamu, membantu kamu  melihat dampaknya terhadap bisnis kamu.

Mobile app based Customer Retention

Jika bisnismu menggunakan aplikasi mobile, kami siap membantu dalam memaksimalkan retention melalui langkah-langkah berikut:

  1. Analisis Bisnis

Kami akan membantu kamu menganalisis penggunaan aplikasi, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta peluang untuk meningkatkan retention.

  1. Mapping Strategi

Kami akan merencanakan strategi retention yang spesifik untuk aplikasi kamu, mengoptimalkan setiap langkah perjalanan konsumen di dalamnya.

  1. Set up Journey Konsumen 

Kami akan membangun perjalanan pengalaman konsumen yang berfokus pada tetap terhubung dan memberikan nilai tambah melalui kampanye khusus di event tertentu.

  1. Optimasi Strategi

GoesDigital akan terus melakukan evaluasi dan pengoptimalan strategi retention kamu, untuk memastikan konsumen tetap tertarik dan aktif menggunakan aplikasi kamu.

  1. Reporting

Kami akan memberikan laporan mendalam mengenai efektivitas strategi retention di aplikasi kamu, membantu kamu memahami dampak yang telah dicapai.


• • •

Customer retention merupakan sebuah langkah yang vital untuk mempertahankan hubungan antara bisnis kamu dan konsumen. Strategi ini bertujuan meningkatkan customer loyalty, revenue, dan kepercayaan konsumen. Melalui pelayanan unggul, interaksi khusus, dan kualitas produk yang konsisten, kamu dapat membangun jalinan erat dengan konsumen, meminimalisir biaya akuisisi, serta menciptakan pangsa pasar yang kuat dan berkelanjutan.

Jika kamu ingin mengoptimalkan strategi customer retention untuk bisnis kamu. GoesDigital siap bantu bisnis kamu mempertahankan konsumen kamu agar tetap loyal. Mulai dari merumuskan strategi hingga mengimplementasikannya dengan website berbasis email marketing dan aplikasi mobile.

Jadikan konsumen kamu setia dan aktif merekomendasikan bisnis kamu ke orang lain. Mulai berkolaborasi dengan GoesDigital sekarang!

Mulai pertahankan loyalitas customer kamu dengan berinteraksi melalui jasa email marketing dari GoesDigital.

Collaborate with us now!

Collaborate with us now!

Collaborate with us now!

Its time to achieve your

sustainable growth.

Its time to achieve your

sustainable growth.

Its time to achieve your

sustainable growth.